Pengertian Algoritma dan Bahasa Pemrograman C++

Pengertian Algoritma dan Bahasa Pemrograman C++ - Sebelum menuju ke Bahasa Pemrograman C++, alangkah baiknya kita pahami dulu apa itu Algoritma dan Bahasa Pemrograman. 

Algoritma adalah suatu langkah-langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk penyelesaian suatu masalah. 

Algoritma harus membutuhkan Bahasa Pemrograman. Sedangkan Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk menuliskan algoritma agar dapat dimengerti oleh komputer. 
Bahasa Pemrograman ada banyak sekali, salah satunya Bahasa Pemrograman C atau C++.
  • Bahasa C 
Bahasa C merupakan salah satu bahasa yang popular digunakan dalam pemrograman. Pertama kali bahasa C dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Bell Laboratories. Awalnya bahasa C hanya dapat dijalankan dalam System Operasi UNIX tetapi pada perkembangannya bahasa C sudah dapat digunakan dalam system operasi MS-DOS pada IBM. Bahasa C memiliki kemampuan yang sangat luas. Selain itu C memiliki kesederhanaan dalam ekspresinya dan kerampingan kodenya. Akan tetapi, C bukan merupakan bahasa yang terbaik karena bentuk bahasanya kurang jelas. Bagi pemula akan merasa sulit dalam menggunakan C tetapi nantinya bila terbiasa bahasa C merupakan bahasa yang menyenangkan untuk dipakai. Kesulitan yang diuraikan bersifat sementara saja. 

Penerjemah dalam bahasa pemrograman ada dua macam, yaitu interpreter dan compiler. Interpreter merupakan penerjemah yang menerjemahkan instruksi per baris setiap saat. Sementara compiler merupakan penerjemah yang menerjemahkan seluruh instruksi dalam program secara sekaligus dan kemudian menghasilkan executable file yang langsung bisa dijalankan. Bahasa C menggunakan compiler sebagai penerjemah. 
  • Bahasa C++ 
MODUL I 

Berbicara tentang C++ biasanya tidak lepas dari C, sebagai bahasa pendahulunya. Pencipta C adalah Brian W. Kerninghan dan Dennis M. Ritchie pada sekitar tahun 1972, dan sekitar satu dekade setelahnya diciptakanlah C++, oleh Bjarne Stroustrup dari Laboratorium Bell, AT&T, pada tahun 1983. C++ cukup kompatibel dengan bahasa pendahulunya C. Pada mulanya C++ disebut “ a better C “. Nama C++ sendiri diberikan oleh Rick Mascitti pada tahun 1983, yang berasal dari operator increment pada bahasa C. Keistimewaan yang sangat berari dari C++ ini adalah karena bahasa ini mendukung Pemrograman Berorientasi Objek ( OOP / Object Oriented Programming).

Program C++ dapat ditulis dengan menggunakan berbagai editor teks, seperti EDIT (milik DOS), WordStar, SideKick, ataupun menggunakan editor bawaan dari kompiler. Program C++ biasa ditulis dengan nama ektensi .CPP (dari kata C Plus Plus). Agar program bisa dijalankan (dieksekusi), program harus dikompilasi terlebih dahulu dengan menggunakan kompiler C++. 

Borland C++ dan Turbo C++ adalah contoh media editor sekaligus sebagai Compiler

5 Responses to "Pengertian Algoritma dan Bahasa Pemrograman C++"

  1. baGussssssssssss bgt??????????????

    BalasHapus
  2. kereeeeeennnn gaaaaaannnn...

    BalasHapus
  3. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artiker yang berkaitan tentang Pemrograman C++
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id:8080/bitstream/123456789/1126/1/50407094.pdf
    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Bukan SPAM