Pemrograman Web - Basic HTML

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah bahasa standar dalam menulis halaman web, HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks. HTML sebenarnya adalah dokumen dalam bentuk ASCII atau teks biasa yang dapat diterjemahkan oleh browser web menjadi suatu halaman yang menarik.



STRUKTUR DOKUMEN HTML
Sesuai dengan namanya yaitu Hypertext Markup Language (HTML) maka dokumen HTML terdiri dari tanda-tanda (markup) untuk menandai perintah-perintahnya (yang selanjutnya akan kita sebut sebagai tag).
Tag HTML biasanya adalah tag-tag yang berpasangan dan ditandai dengan simbol <>, sedangkan ‘pasangan’ atau akhir perintah dari sebuah tag ditandai dengan tanda ‘/’, misalnya pasangan dari tag adalah .
Setiap dokumen HTML memiliki struktur sbb :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Judul yang muncul pada title bar web</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Text, gambar atau isi dokumen HTML anda
</BODY>
</HTML>


Penjelasan :

  • <HTML> sebagai tanda awal dokumen HTML.
  • <HEAD> sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META.
  • <TITLE> sebagai title atau judul halaman. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser Anda (pada title bar).
  • <BODY> Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page attribute seperti warna latar belakang, warna teks, warna link, warna visited link, warna active link dan lain-lain

0 Response to "Pemrograman Web - Basic HTML"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Bukan SPAM