PENGERTIAN VoIP

Apa itu Voip

Voip merupakan suatu pilihan untuk komunikasi untuk internal maupun eksternal. Terlebih lagi untuk skala yang lebih besar voip sangat membantu dalam efisiensi keuanngan. Dalam projek ini kita akan menggunakan teknologi voip yang mensupport komunikasi data dalam bentuk image dan suara. Voip mempunyai keunggulan lain yaitu untuk telepon mobile dan transport data di internet.

Dalam perkembangan dunia pendidikan, sekarang ini mulai bermunculan kuliah umum yang menggunakan video converence, hanya saja untuk sewa saluran telepon sangat mahal sekali. Pada penelitian ini akan kami manfaatkan video converence untuk kuliah umum dengann teknologi voip, agar tercapai suatu efisiensi biaya dan pemanfaatan jaringan internet semaksimal mungkin.

Yang mana dalam penelitian banyak universitas di tanah air sudah memiliki saluran internet sehingga di seluruh uiversitas di tanah air bisa untuk menjalankan teknologi ini, tetapi belum di aplikasikan teknologi-teknologi pendukung internet, yang mana banyak sekali aplikasi-aplikasi yang sangat bagus sekali untuk di aplikasikan di internet.

Pada dasarnya teknologi voip ini masih memanfaatkan jaringan PSTN dan Internet serta software yang dipakai menggunakan Netmeeting. Dengan sistem seperti diatas diharapkan akan tercapai suatu keseragaman pengetahuan, tidak ada lagi kesenjangan ilmu pengetahuan atau teknologi di universitas di metropolis dengan universitas di daerah.



Beberapa universitas jika mendatangkan profesor atau guru besar untuk mengisi seminar atau kuliah umum terkadang mengalami kendala, antara lain sangat sulit mengatur jaadwal pembicara dalam hal ini profesor yang bersangkutan. Dengan menggunkan teknologi Voip ini, kita bisa melakukan kuliah bersama, pada saat profesor melakukan seminar di salah satu universitas, maka universitas yang lain tinggal join dengan moderator untuk melakukan kuliah bersama dengan memanfaatkan jaringan komunikasi. Dalam penelitian ini akan mengetengahkan video converence dengan teknologi voip. Penelitian akan membahas bagaimana koneksi sistem voip, koneksi jaringan PSTN, bandwidth internet dan software aplikasi untuk kolaborasi sistem secara keseluruhan, yang terfokus pada bebeerapa universitas saja.


1 Response to "PENGERTIAN VoIP"

Silahkan Tinggalkan Komentar Bukan SPAM