Sekilas Tentang WML, WML Browser, dan HTML

1. WML

Seperti yang sudah kita ketahui WML suatu markup language yang merupakan pengganti dari HTML untuk media wireless. WML didasari dari XML (eXtensible Markup Language).
WML memiliki empat fungsi utama yaitu :

• Presentasi teks dan layout, mencakup teks dan gambar
• Metafora organisasi Deck/Card (seluruh informasi dalam WML di atur kedalam sekumpulan card dan deck)
• Navigasi dan hubungan antar Card
• Parameterisasi String dan manajemen status, seluruh deck WML bisa di parameter

Dapat dilihat pada gambar berikut (gambar 3) WML dibutuhkan untuk menggantikan HTML pada media wireless adalah masalah kecilnya bandwidth pada jaringan wireless yang akan menyebabkan bottleneck yang hebat apabila tetap digunakan HTML untuk media wireless.

XML adalah suatu cara yang fleksibel untuk menciptakan suatu format informasi yang umum dan membagikan format dan data pada internet,intranet, dan sebagainya. Seperti layaknya HTML, XML juga merupakan markup language yang menggunakan simbol untuk menyatakan isi dari suatu halaman atau file. Tetapi HTML hanyalah menunjukkan bagaimana isi suatu Web Page (teks dan grafik) ditampilkan dan berinteraksi dengannya, sebagai contoh pada HTML hanyalah menunjukkan bahwa mulainya suatu paragraf baru. Sedangakan WML menunjukkan isi dari suatu kalimat/data yang nantinya akan berguna untuk diolah atau ditampilkan, dan sebagai contohnya menunjukkan bahwa data berikut adalah suatu nomor telepon yang nantinya akan diolah oleh suatu program ataupun ditampilkan.

XML bersifat extensible (dapat diperluas), karena tidak seperti HTML, simbol markup dari XML dapat dibuat sendiri dan tidak terbatas. Sebab XML sebenarnya adalah penyederhanaan dari SGML (Standard Generalized Markup Language) yaitu suatu standar bagaimana untuk menciptakan dokumen terstruktur.



2. WML Browser


Seperti yang sudah kita ketahui pada setiap handphone terdapat WML browser mini,lalu bagaimana seseorang dapat megembangkan aplikasi WML apabila tidak memiliki handphone yang mendukup WAP atau memang sengaja menghindari masih mahalnya biaya penggunaan fasilitas WAP pada handphone apabila dibandingkan dengan internet biasa. Para developer WAP menggunakan program WML browser yang diinstall pada komputer, program ini akan mensimulasikan bagaimana suatu handphone WAP berinteraksi dengan WML file, bahkan kita bisa melakukannya secara offline.

Disamping WML browser kadang ada program WML browser yang meminta program web serve r, dan untuk saat ini program web server yang cukup terkenal adalah Apache, IIS, dan OmniHTTP.
Berikut ini daftar URL yang menyediakan WML browser secara gratis :

Apachesoftware, Yourwap, Inetis, Waptop.net


3. JAVA

Java adalah suatu bahasa pemrograman yang bersifat multiplatform, jadi Java ditujukan untuk membuat program yang dapat dijalankan hampir diseluruh platform dengan Processor, Operating System yang berbeda. Java bersifat ’compiled once runs anywhere’. Secara struktural bahasa pemrograman Java bersifat OOP (Oriented Programming).


3.1 Java pada devais wireless

Sun Microsystems pembuat Java beserta rekan industri wireless telah mengumumkan bahwa peluncuran MID (Mobile Information Device) memungkinkan kreasi generasi mendatang, pengaturan secara personal, dan servis wireless divais yang interaktif. Teknologi ini seringkali juga disebut pula dengan JVM (Java Virtual Machine)


MID ini didasari pada teknologi Java versi 2, Perusahaan yang mengembangkan MID ini antara lain Motorola, Nokia, Siemens, Research In Motion, Sony, NEC, Matsushita!Panasonic, Mitsubishi, Fujitsu, Symbian, SmarTone, Far EasTone, Telefonica, Nextel, dan One 2 One.
MID secara dramatis menambah seluruh kemampuan suatu media wireless baik dari segi entertainmen maupun segi fungsinya. Sehingga operator dan pembuat isi suatu divais wireless dapat membyat produk yang sangat berbeda dan dengan servis yang dinamis, interaktif, dan dapat diatur secara personal. Contohnya antara lain :
- Tampilan Secara Dinamis dari stok market dagang beserta grafiknya
- Laporan cuaca suatu daerah secara spesifik dan waktu nyata
- Jadwal kereta secara spesifik dan waktu nyata
- Games!permainan yang dapat didownload dan dimainkan offline

Diketahui bahwa perusahaan Zucotto Wireless secara resmi mengumumkan microprosesor Java, yang disebut dengan Xpresso microprosesor yang sedang dikembangkan oleh IBM. Prosesor ini dikatakan dapat menjalankan aplikasi Java 20 hingga 40 kali lebih cepat dibandingkan prosessor Java yan g menjalankan JVM secara terpisah pada lapisan software. Hal ini dikarenakan Xpresso microprosesor menghilangkan beberapa layer software dan memasukan Sun’s tiny Kilobyte Virtual Machine (KVM) yang sebenarnya memproses kode Java dengan chip itu sendiri tanpa perlu software tambahan.

1 Response to "Sekilas Tentang WML, WML Browser, dan HTML"

Silahkan Tinggalkan Komentar Bukan SPAM